Pengorganisasian pesan-pesan bisnis yang baik akan mempermudah
pencapaian tujuan komunikasi bisnis.
A.
Hal-hal yang menyebabkan pesan-pesan tak
terorganisasi dengan baik.
Dalam suatu organisasi, pesan-pesan yang disampaikan
oleh pimpinan kepada para bawahannya, kadang kala tidak terorganisasi dengan
baik. Hal ini menjadikan pesan-pesan yang disampaikan tidak mengenai sasaran
atau hasilnya tidak sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Tidak
terorganisasinya komunikasi dengan baik dapat disebabkan oleh beberapa hal
sebagai berikut:
1.
bertele-tele sering kali pesan pembuka awal sebuah surat terlalu panjang hingga
mencapai beberapa paragraph, baru kemudian masuk ke topik bahasan.
2.
memasukkan bahan-bahan yang tidak relevan. Adanya informasi yang tidak relevan
dan tidak penting dalam pesan yang disampaikan kepada audiens membuang-buang
waktu, juga dapat membuat pesan-pesan yang disampaikan menjadi kabur, tidak
jelas , dan sulit dipahami.
3.
menyajikan ide-ide secara tidak logis dan tidak terkait dengan topik bahasan
yang disampaikan kepada audiens.
4.
informasi penting kadang kala tidak tercakup didalam pembahasan. Poin-poin yang
seharusnya memperoleh porsi bahasan lebih besar menjadi terabaikan.
B.
Pentingnya pengorganisasian pesan yang baik
Dengan mengatur ide-ide secara logis, berurutan,
dan tidak bertele-tele, ide yang disampaikan akan dapat memuaskan
kebutuhan-kebutuhan informasi, motivasi maupun praktis bagi para audiens . Untuk
dapat mengorganisasi pesan-pesan dengan baik, ada empat hal yang perlu
diperhatikan, yaitu:
1. Subjek dan tujuan haruslah jelas.
2. Semua informasi harus berhubungan dengan subjek dan tujuan.
3. Ide-ide harus dikelompokkan dan disajikan dengan cara yang logis.
4. Semua informasi yang penting harus sudah tercakup.
Suatu pesan yang disusun dengan baik akan membantu audiens memahami
pesan yang disampaikan, membantu audiens menerima pesan, menghemat waktu
audiens, dan mempermudah pekerjaan komunikator.
REFERENSI
No comments:
Post a Comment