Thursday, December 13, 2012

Bohong Demi Kebaikan


Mau berbagi nih..., terutama buat kalian-kalian para wanita, tapi yang lain juga boleh baca kok :). Sebenernya sih ini adalah pengalaman pribadiku, ceritanya cukup lucu tapi ada sisi baik yang bisa aku ambil. Tempo hari, aku kan bertandang ke rumah temen di daerah Tanjung Priok, daerah ini cukup asing buatku karna jarang sekali aku jalan sampe ke daerah itu. Nah, waktu itu aku bertandang sampe malam, jam 7 malam aku baru bisa pamitan, habisnya kita keasikan ngoprek program sih, padahal dah dari pagi loh...
Karna memang aku ga punya kendaraan, ya seperti biasa aku naik angkutan umum "metromini" , rada serem juga sih soalnya daerahnya sepi dan dah malem juga, trus di angkutan itu juga penumpangnya dikit, hampir smua cowok. Tiba-tiba, ada laki-laki setengah baya langsung duduk disampingku, tuh orang masih berseragam, kayaknya sih baru pulang kerja gitu. Begitu dia duduk, tiba-tiba kok langsung mengajakku ngobrol, ya jelas lah aku langsung pasang muka jaim, cuek, dan ga mau bertatap muka dengannya meski dia mengajakku bicara, aku hanya menjawab smua pertanyaan dia sekedarnya saja, smua itu aku lakukan untuk jaga diri aja. Bukannya kita berprasangka buruk sama orang sih, tapi kan untuk waspada saja, kita kan wanita, dan tau sendiri bahwa di angkutan umum tuh suka banyak orang yang mau berbuat jahat. So.., WASPADA aja.
Si laki-laki itu ternyata banyak omong juga, nanya-nanya aku darimana, trus kuliah dimana "memangnya aku kayak anak kuliahan ya? :D", mo pulang kemana, di Jakarta tinggal sama sapa. Hmmm…,seabrek pertanyaan dia lontarkan kepadaku, dan smua itu pun aku jawab baik2 meski ada rasa takut. Mungkin dia juga ngerasa kali kalo aku kok jutek gitu "padahal kan kalo jutek tuh, bukan aku banget J ". Nah dia nanya2, aku tinggal dimana, sama sapa, dll gitu….mulai deh aku bohong dikit *hihihi*, kayak gini nih sebagian perbincangan kami
Laki-laki itu  Dari mana mba? Pulang kuliah ya? Udah bayar belum?
               Ini pake uang ini aja.
Aku            Makasih Pak, saya sudah bayar. Saya dari rumah
               temen.
Laki-laki itu  Turun dimana mba?
Aku            Galur
Laki-laki itu  Masih jauh dong ya..?
Aku            Ya.., lumayanlah Pak.
Laki-laki itu  jangan panggil Pak dong. *idih…..*
Aku            *udah mulai ga enak ati, pengen cepet2 turun dari
               tuh angkutan*
Laki-laki itu  Asli mana mba? Jakarta ya? Disini tinggal sama 
               keluarga?
Aku            Bukan Pak, saya dari Ja-Teng kok, disini tinggal
               sama suami *hihihihi.,maaf ya bohong, ini demi jaga
               diri kok*
Laki-laki itu  Oh gitu..? Trus sudah punya buah hati belum? Udah
               berapa lama menikah?
Aku            Oh, belum, kami sudah hampir 2 tahun menikah
               *maaf..,bohong lagi*
Bla..bla..bla…..
Itulah potongan pembicaraanku sama dia, aku lakukan itu karna aku merasa udah ada gelagat-gelagat dia yang ga enak gitu sih, n aku tuh paling risih juga kalo di angkutan umum ada orang yang sok akrab gitu, habis gimana ya, dulu dah berkali2 kejadian ga bener sih, n awalnya selalu kayak gitu.
Setelah aku bilang kalo aku sudah bersuami, dia langsung menjaga omongannya *bener kan dugaanku*. Malah dia nanya2 soal bisnis berbisnis, dan ujung2nya aku sempat mempromosikan produk andalan dari kantor dimana aku bekerja *hihihihi*, lha ternyata tuh orang nggak gaptek juga tuh, ternyata dia ngerti tentang teknologi, komputer, mesin, dan tetarik dengan bidang yang aku geluti sekarang ini.
Dan yang paling lucu, setelah kita ngobrol kok ternyata nyambung, dan karna dia juga tertarik dengan Bisnisnya Daun Biru *tempat dimana aku bekerja*, pas dia minta no telp ku , malah aku kasih kartu nama saja deh, biar sekalian kalo memang suatu saat ada job kan lumayan tuh *hihihihi* . Sekali lagi..,maaf ya Pak kalo awalnya saya bohong, soalnya itu demi kebaikan saya, bukan bermaksud saya berprasangka buruk sama Bapak :D.
Akhirnya, orang itu pun turun lebih dulu daripada aku. Sepanjang jalan di angkutan itu, aku hanya bisa senyum2 sendiri, habis lucu banget sih..,kok bisa gitu lho?
Nah..,dari sini aku bisa narik suatu kesimpulan bahwa :
  1. Berbohong demi kebaikan itu penting, demi jaga keselamatan kita, maklum, kita kan wanita.
  2. Dimana pun dan kapan pun harus tetep waspada, apalagi di angkutan umum. Kalo kita ketemu orang baik sih ga masalah, tapi masalanya kalo ternyata orang yang kita temui itu adalah bukan orang baik-baik.
  3. Jangan mudah berprasangka buruk sama orang ya?
  4. Ternyata penampilan itu kadang suka menipu.
Sumber referensi: http://anandaputri.blogdrive.com/

No comments:

Post a Comment