Thursday, December 13, 2012

Kopi Kotoran Gajah, Termahal di Dunia





alt
Miki Giles, dari Hong Kong, mencoba Kopi Gading Hitam saat sarapan sementara Meena, gajah 6 tahun berdiri di dekatnya, di kawasan Segitiga Emas Anantara, Thailand Utara pada 10 Desember 2012. (Paula Bronstein/Getty Images)
Lebih dari 20 gajah di kawasan Segitiga Emas Thailand Utara menghasilkan biji kopi yang paling mahal di dunia, demikian dilaporkan Associated Press.
Gajah-gajah diberi makan biji kopi yang diproduksi di perkebunan di dekatnya, dan kemudian para petani mengambil biji dari kotoran mereka.
Kopi, yang disebut Gading Hitam, dikatakan memiliki rasa bersahaja dan halus, tetapi harganya 50 dolar untuk satu cangkir dan 500 dolar per pon. Itu pertama kali diresmikan bulan lalu di beberapa hotel mewah Thailand.
"Ketika gajah makan kopi, asam lambungnya memecah protein yang ditemukan dalam kopi, yang merupakan faktor kunci yang meyebabkan kepahitan kopi," kata Dinkin, yang menghabiskan 300.000 dolar AS untuk mendirikan proyek tersebut.
"Anda akhiri dengan secangkir kopi yang sangat halus tanpa kepahitan kopi biasa."
Ada jenis kopi lain yang diproduksi dengan cara yang sama.
Di Indonesia, petani menghasilkan kopi luwak, atau sekedar kopi musang, dengan memberi makan biji kopi pada musang,dan menggunakannya setelah dikeluarkan. Ini juga merupakan salah satu varietas yang paling mahal di dunia, harganya diatas700 dolar per-kilogram, atau 320 dolar per-pon. (Epoch Times/dia)

Sumber Referensi: http://erabaru.net/top-news/40-news5/32132-kopi-kotoran-gajah-termahal-di-dunia

No comments:

Post a Comment